Sabtu, 12 November 2016

DATA SEKUNDER




A.  Karakter : 

Data sekunder adalah suatu informasi yang di gunakan untuk membuat suatu kepentingan pada saat kita gunakan  beberapa macam suatu tujuan yang di buat. Sedangkan, data primer merupakan informasi yang dikumpulkan, terutama untuk tujuan yang sedang dilakukan oleh seorang investigasi yang sedang dilakukan.



B.  Keuntungan :
            Data sekunder terdapat 4 bagian yaitu :

1.               Hemat waktu dan hemat biaya bagi periset. Suatu informasi sangat di perlukan sebagai data sekunder, maka dari itu perisat hanya kita perlukan ke perpustakaan dan majalah internet dan juga perlu kita ketahui sumber yang di sesuaikan serta menulis infomrasi apa yang di inginkan oleh tersebut. Dalam hal ini kita banyak memakan waktu yang sangat banyak atau lebih dari beberapa hari tapi dalam prosesnya terjangkau.

 Dengan data sekunder dengan ini beban yang selama ini kita keluarkan di bayar dengan awal informasi. Meskipun masih banyak biaya yang diperlukan menggunakan data itu tersebut(tidak seperti data statistic yang dikompolasi oleh pemerintah atau asosiasi perdagangan, data komersial tidak gratis dalam hal ini), namun biaya ini tetap lebih rendah di bandiangan sama prusahaan yang mengumpulkan sendiri informasinya.

2.             Meskipun data sekunder sangat jarang dapat kita lengkapi persyaratan data proyek  riset, paling tidak dapat: A. membantu dalam merumuskan permasalahan. B. Akan menjadi sumber data perbandingan data primer dapat dievaluasi dan diinterpretasi lebih mendalam.


3.      Daya cakupnya berskala nasional dan internasional.

4.      Data yang di gunakan dapat perlukan di luar kemapuan perisetnya.
Contoh : data BPS.


C.  Kerugian :

            Kerugian terpadat kiga kerugian data sekunder, yaitu :
           
1.              Data sekunder sangat jarang mendapatkan memenuhi tujuan proyek penelitian tersebut. Disebabkan karena faktor unit pengukuranya tidak sesuai yang digunakan. Dan juga peredaran publiasinya tidak sesuai dengan kebutuhan.

2.             Data yang kita kumpulkan tujuannya adalah untuk membuat suatu penelitian yang sedang kita lakukan agar suapaya bisa lebih mudah dalam penelitiannya.

3.             Dalam mengambil suatu keputusannya, pemasaran biasanya harus memerlukan informasi yang terakhir. Padahal dalam hal ini sumber data sekundernya memerlukan waktu yang sangat cukup lama dalam suatu proses antara pengumpulan data penerbitannya tersebut.


D.  Kegunaan :
          Data sekunder dapat diklafikasikan berdasarkan sumber, yaitu data internal dan data eksternal :
Data Internal : Data yang berdasarkan berbentuk dalam suatu organisasi dimana riset yang sedang kita lakukan. Contohnya data penjualan dan biaya yang dikomplikasi ke dalam siklus akuntasi yang normal. Data sekunder merupakan data internal yang akan kita berikan kepada masalah riset yang banyak, seperti suatu evaluasi starategi membuat suatu pemasaran atau penilaian yang posisinya kompetitif oleh prusahaan dalam industry.

Data eksternal : data yang dilakukan adalah yang berasal dari organisasi dimana riset yang sedang kita lakukan. Sumber ekternal dibagi menjadi sumber-sumber yaang secara teratur menerbitkan data-data staistik dan di sediakan secara gratis oleh kepada para penggunanya. (misalnya pemerintah), dan juga sebagai organisasi-organisasi komersial yang menjual jasanya kepada semua pengguna (misalnya ACNielsen).   



Referensi :
1. Churchill, Gilbert A. 2005. “Dasar-Dasar Riset Pemasaran”, Edisi 4, Jilid I, Alih
Bahasa Oleh Andriani, Dkk, Penerbit Erlangga, Jakarta.
2. R. Soedijono. 2008. Suplemen Kuliah: “Metode Riset Bisnis”. Universitas
Gunadarma. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar